Palembang – Senin, 27 Juni 2022. Kegiatan fasilitasi penerapan standar SPM FP Pendidikan Tinggi (SPM FP-PT) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2022 bertempat di Kampus UIN Raden Fatah Kota Palembang merupakan pionir kolaborasi penerapan standar antara Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusfaster) dengan BPSILHK di tingkat tapak (Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Palembang). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Jajaran Rektorat dan Dekanat Kampus UIN Raden Fatah, Dinas LH Kota Palembang, dan Tim Green Kampus UIN Raden Fatah Palembang.

Kegiatan diawali dengan penanaman pohon di halaman kampus sebagai perwujudan salah satu kriteria spesifik SPM FP Pendidikan Tinggi yaitu Penghijauan. Selanjutnya dilakukan kunjungan ke fasilitas yang dikelola oleh UIN Raden Fatah, antara lain: instalasi pengolahan limbah cair domestik sebagai penerapan efisiensi air, lokasi rencana PLTS (solar panel kapasitas 8 kWp) sebagai penerapan efisiensi energi, serta fasilitas green campus lainnya seperti danau retensi, pedestrian, danau konservasi, arboretum, lokasi parkir kendaraan, laboratorium terpadu, dan perpustakaan induk (rencana co-work space dan fasilitas K3).

Dalam penyampaian materinya, Yeri Permata Sari, S.Hut., MT., MSc. selaku Kepala Pusat Fasilitas Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusfaster) mengatakan tujuan diadakannya Kebijakan SPM FP-PT yaitu untuk  menyediakan standar bagi pengelola fasilitas publik dengan materi substansi pengelolaan lingkungan hidup terpadu dalam menyediakan fasilitas publik yang ramah lingkungan serta layanan informasi, edukasi, sarana dan apresiasi bagi masyarakat pengguna fasilitas publik, serta meningkatkan peran Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai pelaksana urusan pemerintahan dalam pelayanan masyarakat dan peningkatan kualitas lingkungan dengan dukungan Kementerian, dan Pemerintah Provinsi. Kepala Pusfaster berharap Kampus UIN Raden Fatah Palembang dapat segera menerapkan standar pelayanan masyarakat dan mendapat rekognisi dari Menteri LHK selaku pionir dan inisiator dalam penerapan SPM FP-PT.

Green Campus merupakan salah satu standar yang di apply, yaitu UI Green Metric World University Rankings. Berbicara Green Campus yang sudah menjadi kewajiban warga kampus, yang mana kegiatan ini sejalan dengan SPM FP-PT bahkan sistem ini bisa di integrasikan untuk mencapai SPM FP-PT dan UI Green Metric World University Rankings.” – Dr. Ir. Ledis Heru Saryono Putro, M.Si. selaku ketua ecogreen campus UIN Raden Fatah Palembang.

Kampus UIN Raden Fatah yang telah 4 (empat) kali mengikuti penilaian UI Green Metric dan berharap penerapan standar SPM FP Pendidikan Tinggi ini akan meningkatkan poin penilaian mereka di UI Green Metric dan mewujudkan World Class Universities pada kampus UIN Raden Fatah. Dr. Muhammad Adil, M.A selaku Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Palembang, berharap kegiatan SPM FP-PT dapat diimplementasikan di UIN Raden Fatah Palembang sehingga bisa menjadi payung proyek atau contoh bagi perguruan tinggi lainnya. 

Sumber : UIN Raden Fatah Palembang | Wujudkan Green Campus, BPSILHK Palembang Lakukan Sosialisasi Teknis Standar Pelayanan Masyarakat pada Fasilitas Publik Perguruan Tinggi (SPMFP-PT) di UIN Raden Fatah Palembang

Contact Person
Khalisha Shafa S.
Analis @Pusfaster BSILHK
kssausan@gmail.com

Categories:

Tags:

Comments are closed

PENERAPAN DAN PENILAIAN KESESUAIAN SPM-FP
Penerapan dan Penilaian Kesesuaian SPM-FP
SPMFP2-01
BATIK DARLINGKU
Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan
batikdarlingku