1. Identifikasi Kondisi Awal Secara Mandiri

Pada tahapan ini, pengelola fasilitas publik melakukan identifikasi kondisi awal (self assessment baseline) fasilitas publiknya secara mandiri. Identifikasi kondisi awal adalah penilaian kesesuaian yang dilakukan oleh pengelola fasilitas publik untuk memudahkan fasilitas publik mengidentifikasi pemenuhan kriteria SPM-FP sehingga mampu merencanakan penerapan SPM-FP sesuai kemampuan dan kebutuhan dari fasilitas publik.

Identifikasi kondisi awal dilakukan dengan :

a) mengunduh borang penilaian kesesuaian sesuai jenis fasilitas publik yang akan dilakukan penilaian kesesuaian pihak pertama pada link download di bawah;

b) mengunduh (download) berkas elektronik (softcopy) Tabel Identifikasi Kondisi Awal secara Mandiri (self assessment baseline) untuk menentukan paket penerapan yang akan dipilih oleh pengelola pada awal komitmen pada link download di bawah;

c) mengisi Tabel Identifikasi Kondisi Awal;

d) menyimpan Tabel Identifikasi Kondisi Awal dalam format excel dan diberi nama TabelBaselineSPM-FP_NamaFasilitasPublik_Tanggal.xlsx (contoh: TabelBaselineSPM-FP_Pasar Kosambi Bandung_17Okt2017.xlsx);

e) Formulir hasil evaluasi dalam bentuk softcopy ini kemudian akan diunggah (upload) dalam proses registrasi komitmen secara online;

f) mengidentifikasi aksi-aksi peningkatan lingkungan yang telah/sedang dilakukan;

g) mengidentifikasi aksi-aksi peningkatan lingkungan yang dapat dilakukan di fasilitas publik;

h) menetapkan paket penerapan SPM-FP yang akan dilakukan.

2. Registrasi Komitmen

Setelah pengelola menetapkan aksi peningkatan kualitas lingkungan sesuai dengan paket penerapan yang terdapat dalam SPM-FP dan berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas lingkungan, pengelola dapat melakukan registrasi komitmen tersebut kepada Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen LHK.

Dalam surat pernyataan komitmen yang telah disediakan, terdapat penyataan bahwa pengelola fasilitas publik telah berkomitmen dalam menerapkan SPM-FP dengan pilihan paket penerapan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh pimpinan puncak organisasi untuk menunjukkan bahwa pelaksanaan aksi telah didukung oleh pimpinan. Surat pernyataan komitmen ini dilampirkan dalam formulir pendaftaran online. Surat pernyataan ini juga dapat didownload pada link yang telah disediakan dibawah.

Langkah-langkah registrasi komitmen SPM-FP sebagai berikut:

a) Mengisi Formulir registrasi atau formulir pendaftaran secara online pada kolom formulir yang telah disediakan dibawah. Formulir ini berisi biodata fasilitas publik yang akan menerapkan SPM-FP (Catatan : saat melakukan pendaftaran online harap menggunakan akun google mail, 1 (satu) akun google mail hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali pendaftaran;

b) Mengunggah (upload) berkas elektronik (softcopy) Tabel Identifikasi Kondisi Awal (self assessment baseline);

c) Mengunggah (upload) berkas elektronik (softcopy) Surat Pernyataan Komitmen yang yang telah diisi, ditandatangani, dan dipindai (scan) dalam format .pdf dan diberi nama SuratKomitmen_NamaFasilitasPublik_Tanggal.pdf
(contoh: SuratKomitmen_Pasar Kosambi Bandung_17Okt2017.pdf);

d) Fasilitas publik akan mendapatkan konfirmasi dan mendapatkan nomor Fasilitas Publik yang akan dipakai kemudian pada saat melakukan Registrasi Klaim Sendiri secara daring (online).

Dokumen skema penerapan dan penilaian kesesuaian SPM-FP pada tautan di bawah ini:

  1. P.8/SETJEN/ROKUM/KUM.1/12/2017 tentang Penerapan dan Penilaian Kesesuaian Standar Pelayanan Masyarakat pada Pos-pos Fasilitas Publik
  2. Lampiran Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.8/SETJEN/ROKUM/KUM.1/12/2017 tentang Penerapan dan Penilaian Kesesuaian Standar Pelayanan Masyarakat pada Pos-pos Fasilitas Publik

File dapat diunduh (download) untuk registrasi pada tautan di bawah ini:

  1. Borang Penilaian Kesesuaian untuk Fasilitas Publik Pasar Rakyat
  2. Borang Penilaian Kesesuaian untuk Fasilitas Publik Pendidikan Tinggi
  3. Borang Penilaian Kesesuaian untuk Fasilitas Publik Pondok Pesantren
  4. Borang Penilaian Kesesuaian untuk Fasilitas Publik Pariwisata Alam
  5. Borang Penilaian Kesesuaian untuk Fasilitas Publik MICE
  6. Tabel Identifikasi Kondisi Awal
  7. Surat Pernyataan Komitmen

Formulir Pendaftaran Secara Online dapat diisi pada tautan dibawah ini.

https://forms.gle/6fqBeF8psSPvbTkD7

Untuk masuk pada tahap penerapan SPM-FP silahkan klik pada link berikut : Penerapan SPM-FP.