Bogor – (08/11/23), telah dilaksanakan evaluasi terhadap pemenuhan registrasi laboratorium lingkungan oleh Tim Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen LHK (Pusfaster) yang terdiri dari Wiwi Alwiyah, Agil Abdul Hakim, dan Rika Ardiana, serta tim laboratorium lingkungan PT Saraswanti Indo Genetech yang diwakili oleh Mochammad Fajar selaku Supervisor Laboratorium, Merry Lestari selaku Supervisor Research and Development, Rina Marlina selaku Asisten Manajer Penjamin Mutu/Quality Assurance, dan Amri Jamal selaku Supervisor GA-HSE. Laboratorium lingkungan PT Saraswanti Indo Genetech sudah teregistrasi di Pusfaster-KLHK dengan nomor registrasi 00170/LPJ/LABLING-1/LRK/KLHK. PT Saraswanti Indo Genetech melayani pengujian untuk kualitas air (air limbah), uji mikrobiologi, uji vitamin, uji asam lemak, uji logam berat, uji residu pestisida, uji proksimat, uji bahan tambahan pangan, uji asam amino, uji nutrition facts, dan uji lainnya.

Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech memiliki 1 (satu) parameter lingkungan yaitu parameter air limbah dan telah melakukan pengujian sebanyak ±80 sampel air limbah pada Januari – November 2023. Lingkup pengujian yang dilakukan meliputi pengujian air, keamanan pangan, kosmetik, farmasi, perikanan, mainan, tekstil, otomotif, dan kelistrikan. Laboratorium ini juga telah memiliki pengujian dioksin/furan sejak tahun 2021.

Evaluasi laboratorium lingkungan dilaksanakan berdasarkan butir-butir substansi pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.23 tahun 2020 tentang Laboratorium Lingkungan, yang meliputi 1) jumlah personel dan persyaratan kompetensi, 2) pengambilan contoh uji, 3) pemenuhan parameter minimum, 4) pengujian dan metode pengujian;                   5) pengelolaan limbah Laboratorium; dan 6) pengelolaan K3 laboratorium.

Secara umum, laboratorium lingkungan PT Saraswanti Indo Genetech memenuhi komponen evaluasi sesuai dengan substansi Peraturan Menteri LHK No. P.23 tahun 2020 tentang Laboratorium Lingkungan. PT Saraswanti Indo Genetech saat ini memiliki 400 personel yang terdiri dari direktur, manajer, asisten manajer, supervisor laboratorium, supervisor research and development, supervisor GA-HSE, dan staf. Saat ini PT Saraswanti Indo Genetech belum melakukan perencanaan untuk penambahan ruang lingkup laboratorium lingkungan dikarenakan fokus kegiatan pada pengujian pangan. Laboratorium ini telah melaksanakan kalibrasi dan validasi peralatan secara rutin. Laboratorium juga telah melakukan pengelolaan limbah dengan mengumpulkan limbah dalam jeriken penyimpanan berdasarkan karakteristik limbah, disimpan dalam TPS, dan dalam jangka waktu 1 (satu)  bulan akan diangkut oleh pihak ke-3 (PT Wahana Pemusnah Limbah Industri/WPLI) yang berizin untuk diolah lebih lanjut. 

Komitmen penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Lingkungan dapat dilihat dari penyediaan sarana prasarana K3 seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR), kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), safety shower, dan penggunaan Electricity Treatment System (ETS) pada ruang pengujian.Rekomendasi Pusfaster untuk pengembangan laboratorium lingkungan PT Saraswanti Indo Genetech yaitu 1) melakukan penambahan ruang lingkup karena sarana prasarana laboratorium sudah memadai, dan 2) melakukan penambahan cabang laboratorium lingkungan terutama di wilayah yang ketersediaan jumlah laboratoriumnya masih rendah.

Comments are closed

PENERAPAN DAN PENILAIAN KESESUAIAN SPM-FP
Penerapan dan Penilaian Kesesuaian SPM-FP
SPMFP2-01
BATIK DARLINGKU
Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan
batikdarlingku