Penerapan Standar Pelayanan Masyarakat di fasilitas publik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dengan menjadikan fasilitas publik yang bersih dan nyaman sehingga terwujud konsumsi dan produksi berkelanjutan.
Fasilitas publik merupakan tempat yang ideal untuk mewujudkan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, karena fasilitas publik merupakan tempat pertemuan antara perilaku masyarakat selaku pengguna fasilitas publik dengan perilaku pemerintah dan swasta selaku pengelola fasilitas publik.
Penerapan Standar Pelayanan Mayarakat di fasilitas publik sebagai sarana untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku, juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran peduli lingkungan demi terwujudnya kualitas lingkungan yang lebih baik.
Kriteria Standar Pelayanan Masyarakat meliputi efisiensi energi, efisiensi air, efisiensi material, dan kelola sampah. Untuk menerapkan itu dibutuhkan sarana, akses informasi, dan edukasi tentang lingkungan yang dapat mendorong terwujudnya perubahan perilaku.
Sosialisasi mengenai SPM dilakukan untuk memandu dan mengedukasi masyarakat sekitar dan pemangku kepentingan agar penerapan Standar Pelayanan Masyarakat di fasilitas publik dapat dilakukan secara mudah, cepat dan efektif.
Perlu berkolaborasi demi terwujudnya pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan yang dapat membawa kita menuju kualitas lingkungan yang lebih baik. Misalnya dalam penerapan SPM di Pasar Rakyat terdapat kolaborasi antara pengelola pasar, pedagang, dan pengunjung.
Pasar rakyat merupakan tempat bertemunya pengelola pasar, pedagang, dan pengunjung yang memiliki peran terpenting dalam mewujudkan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
Oleh karena itu, dukungan dan aksi dari semua pihak yang terlibat sangat berarti untuk kelangsungan kualitas lingkungan hidup. Penerapan Standar Pelayanan Masyarakat pada Pasar Rakyat meliputi pengelolaan sampah, pemanfaatan sumberdaya alam secara efisien, serta informasi kesadaran dan gaya hidup. Tahapan penerapan meliputi komitmen penerapan, pelaksanaan penerapan, penilaian kesesuaian, dan pemberian penghargaan.
Comments are closed