Produksi berkelanjutan menciptakan barang dan jasa dengan menggunakan proses dan sistem, memenuhi ketaatan terhadap peraturan PLH, minimalisasi timbulan polutan/pencemaran, efisien secara ekonomi, aman dan tidak berdampak terhadap kesehatan, insentif sosial, konservasi energi dan sumber daya alam.
Konsumsi berkelanjutan memilih dan menggunakan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan dalam rangka memberikan kualitas hidup yang lebih baik, seiring dengan itu dilakukan upaya minimalisasi penggunaan sumber daya alam, material yang bersifat toxic dan emisi limbah dan polutan-polutan dalam daur hidup sehingga tidak membahayakan generasi di masa datang.
Status Produk Berlogo Ekolabel disediakan sebagai informasi publik, antara lain memuat : identitas produk, identitas pemohon, nomor surat persetujuan pencantuman Logo Ekolabel, masa berlaku pencantuman Logo Ekolabel, identitas LSE atau identitas LVE.
Perangkat manajemen lingkungan proaktif sukarela dalam upaya memperbaiki kualitas lingkungan dari sisi produksi dan konsumsi suatu produk, sarana penyampaian informasi yang akurat dan tidak menyesatkan kepada konsumen mengenai aspek lingkungan dari suatu produk (barang atau jasa), termasuk komponen atau kemasannya, juga mendorong permintaan dan penawaran produk ramah lingkungan, sekaligus mendorong perbaikan lingkungan secara berkelanjutan.
Ekolabel merupakan salah satu sarana penyampaian informasi yang akurat kepada konsumen mengenai aspek lingkungan dari suatu produk. Ekolabel dapat berupa simbol, label atau pernyataan pada kemasan agar permintaan dan penawaran sebuah produk ramah lingkungan di pasar mendorong perbaikan lingkungan.
Hal tersebut bertujuan supaya konsumen memilih produk yang memiliki dampak lebih kecil terhadap lingkungan dibandingkan dengan produk lain, serta konsumen dapat memperoleh informasi mengenai dampak lingkungan dari produk tersebut.
Memberi dampak lingkungan yang sangat kecil mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi, pendistribusian, penggunaan, dan pembuangan setelah dipakai, memberikan informasi kepada konsumen mengenai dampak lingkungan yang ada dalam produk.
Foto : https://coconly.wordpress.com/kelas/ix/produk-ramah-lingkungan-dan-tidak-ramah-lingkungan/
Comments are closed