Nurul Fikri Boarding School Bogor membuktikan komitmennya untuk menerapkan Standar Pelayanan Masyarakat pada Fasilitas Publik (SPM-FP) sesuai Peraturan Menteri LHK No P.90 Tahun 2016.

Efisiensi Air

Usaha yang dilakukan untuk efisiensi air oleh pengelola NFBS Bogor di antaranya adalah menyediakan sarana sanitasi atau kamar mandi di asrama, kelas, dan masjid. Sarana yang ada berupa shower mandi dan kloset dengan double flusher. Pengelola juga membuat media informasi dan edukasi berupa poster dan stiker ajakan hemat air. Pengelola juga memodifikasi keran tempat wudhu menggunakan keran hemat air, sehingga air mengalir secukupnya untuk wudhu.

Efisiensi Energi

Upaya yang dilakukan dalam hal efisiensi energi diantaranya adalah program Six to Six (mematikan lampu dari pukul 06:00 pagi hingga 06:00 petang di setiap ruangan yang sudah tidak digunakan) dan penggunaan lampu light-emitting diode (LED). Selain itu, langkah yang dilakukan oleh pengelola NFBS Bogor untuk efisiensi energi adalah pemasangan penerangan jalan umum (PJU) dengan menggunakan lampu tenaga surya.

Efisiensi Material/Bahan

NFBS Bogor berupaya menerapkan sistem paperless. Melalui metode pembelajaran yang dilakukan secara digital diharapkan dapat mengurangi penggunaan kertas itu sendiri. NFBS Bogor juga sudah membangun sistem ujian dengan Computer Based Test (CBT). Penggunaan botol minum oleh santri saat berada di kelas maupun di asrama juga merupakan solusi mengurangi penggunaan material gelas plastik sekali pakai.

Pengelolaan sampah

Pemberian informasi dan edukasi mengenai pengelompokan jenis sampah telah dilakukan pengelola NFBS Bogor, termasuk menyediakan sarana pewadahan sampah secara terpisah antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik diolah melalui pengomposan yang mana hasil prosesnya dimanfaatkan untuk kegiatan penghijauan di lingkungan NFBS Bogor. Sedangkan sampah anorganik diberikan penanganan khusus oleh petugas kebersihan dahulu sebelum diangkut ke TPS terdekat. Ekstrakurikuler SAINTEK di NFBS Bogor juga menjadi wadah edukasi santri terkait pengolahan sampah organik yang diolah menjadi pupuk cair dan kompos.

Penghijauan

NFBS Bogor sudah melakukan upaya penghijauan secara berkala dengan menanam beraneka ragam tanaman buah maupun pohon peneduh. Salah satu tujuannya adalah untuk menjaga keasrian di lingkungan NFBS Bogor. Jenis pohon buah yang sudah ditanam sejak akhir tahun 2020 di antaranya adalah buah durian, rambutan, jeruk, mangga, alpukat, dan aneka nangka mini yang jumlahnya mencapai 200 pohon buah.

Kamu pengelola fasilitas publik? Atau punya kenalan fasilitas publik yang ramah lingkungan? Yuk, kenalan dengan SPM-FP! Simak video penerapan SPM-FP Pondok Pesantren di NFBS Bogor melalui tautan berikut:

Categories:

Tags:

Comments are closed

PENERAPAN DAN PENILAIAN KESESUAIAN SPM-FP
Penerapan dan Penilaian Kesesuaian SPM-FP
SPMFP2-01
BATIK DARLINGKU
Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan
batikdarlingku