Tangerang Selatan – (13/4/23), telah dilaksanakan Surveilen LPJP Amdal PT Kreasi Prima Consultant di Tangerang Selatan, Provinsi Banten oleh Tim Pusfaster yaitu Tri Waryuniatun, Khalisha Shafa, dan Diana Ernawati serta Tim dari PT Kreasi Prima Consultant yaitu Ahmad Juaeni dan Himawan Afandi selaku KTPA, Paradha Wihandi Simarmata selaku ATPA dan Tarmizi selaku Tenaga Ahli. PT Kreasi Prima Consultant sudah teregistrasi di Pusfaster, KLHK sejak tanggal 25 Juni 2021 dengan nomor registrasi 0005/ LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK.

Lingkup kegiatan LPJP Amdal PT Kreasi Prima Consultant meliputi Penyusunan Dokumen Amdal, UKL-UPL, DELH, Addendum ANDAL dan RKL-RPL, serta Pertek. Lingkup wilayah kerja PT Kreasi Prima Consultant adalah Nasional. Selama teregistrasi (sejak 25 Juni 2021 s.d 13 April 2023) belum ada kegiatan penyusunan dokumen Amdal tetapi telah melakukan kegiatan penyusunan DELH, UKL-UPL, dan Pertek. LPJP Amdal telah memiliki Tenaga Tetap Bersertifikat KTPA 2 (dua) orang dan ATPA 1 (satu) orang serta kekurangan 1 (satu) Tenaga Tetap ATPA masih menunggu pelaksanaan uji kompetensi di LSK. Sehingga LPJP Amdal PT Kreasi Prima Consultant belum memenuhi persyaratan jumlah tenaga tetap bersertifikat KTPA 2 (dua) orang dan ATPA 2 (dua) orang sesuai Permen LHK No. 18 tahun 2021 tentang Sertifikasi Kompetensi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, Lembaga Penyedia Jasa Penyusun Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, dan Uji Kelayakan Lingkungan Hidup.

Rekomendasi dari Pusfaster bahwa LPJP Amdal PT Kreasi Prima Consultant dalam proses penyusunan dokumen Amdal harus sesuai prosedur Sistem Manajemen Mutu. LPJP harus dapat memastikan pemenuhan ketentuan sebagai berikut: a) Ketentuan dalam lampiran 2 PP No. 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup; b) Uji Mutu Dokumen yang meliputi administrasi, konsistensi, kedalaman dan relevansi; serta c) sesuai dengan prosedur penyusunan dalam Sistem Manajemen Mutu. LPJP juga perlu melaksanakan audit internal dan pengendalian mutu internal dalam rangka efektivitas pelaksanaan penyusunan dokumen Amdal.

Categories:

Tags:

Comments are closed

PENERAPAN DAN PENILAIAN KESESUAIAN SPM-FP
Penerapan dan Penilaian Kesesuaian SPM-FP
SPMFP2-01
BATIK DARLINGKU
Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan
batikdarlingku