Jakarta, Sabtu 11 Juni 2022. Acara Ngobrol Santai Standar (Ngobras) dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting. Acara dibuka oleh para Kepala Pusat lingkup BSILHK, dihadiri oleh Kepala UPT lingkup BSILHK, serta tim dari masing-masing unit kerja. 

Diskusi ini merupakan inisiasi dari para Kepala Pusat (Kapus) lingkup BSILHK dan difasilitasi oleh Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen LHK (Pusfaster) yang bertujuan untuk menyeragamkan mindset tata hubungan kerja (Tahubja) antara Pusat dan UPT BSILHK, menjelang dilaksanakannya Rapat Koordinasi Teknis BSILHK dalam rangka penguatan penerapan SILHK dan mendukung kegiatan pengembangan SILHK.

Dua Balai Besar dan 13 Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) menyampaikan program/kegiatan dan kendala di tahun 2022 terkait kualitas lingkungan hidup (KLH), pengelolaan hutan berkelanjutan (PHB), serta ketahanan bencana dan perubahan iklim (KBPI). Hasil dari pemotretan (identifikasi) dan pemantauan spesifikasi tapak, UPT BSILHK melihat adanya kebutuhan standar tertentu yang diusulkan oleh berbagai pihak. Selanjutnya usulan penyusunan standar tersebut diajukan ke Pusat Standardisasi (Pusdarling, Pustarhut, dan PustandPI) sesuai substansi usulan standar terkait.
Para Kepala Pusat sebagai penanggungjawab substansi teknis diharapkan dapat meninjau kembali substansi kegiatan Rencana Kerja Tahun 2022 UPT BSILHK agar sejalan dengan tugas dan fungsi UPT BSILHK sebagai bekal penyusunan Rencana Kerja Tahun 2023. Untuk kedepannya, penyusunan program kegiatan UPT BSILHK akan dikoordinasikan dan di-review oleh para Kepala Pusat lingkup BSILHK. Pusat Standardisasi (Pusdarling, Pustarhut, dan PustandPI) akan menyusun Pedoman Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen sebagai dasar pelaksanaan penerapan Standar Instrumen di tapak oleh UPT BSILHK. Saat ini, belum semua standar memiliki Pedoman Penilaian Kesesuaian sehingga perlu dilengkapi, terutama untuk Standar Khusus.

Categories:

Tags:

Comments are closed

PENERAPAN DAN PENILAIAN KESESUAIAN SPM-FP
Penerapan dan Penilaian Kesesuaian SPM-FP
SPMFP2-01
BATIK DARLINGKU
Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan
batikdarlingku