Banjarbaru – (20/11/2023), telah dilaksanakan konsultasi uji coba penerapan SIRAPS ULIN oleh BPSI Banjarbaru dengan Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen LHK (Pusfaster) dalam rangka Launching Sistem Layanan Fasilitasi Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SIRAPS ULIN) dan Sosialisasi Standar Sektor LHK di Banjarbaru. Kegiatan ini dihadiri oleh Yeri Permata Sari selaku Kepala Pusfaster, Sujarwo Sujatmoko selaku Kepala BPSI Banjarbaru, Indiyah Hudiyani selaku Kepala Bidang Fasilitasi dan Registrasi SILHK, dan tim teknis Pusfater serta BPSI Banjarbaru.

Kegiatan konsultasi diawali pemaparan mengenai SIRAPS ULIN oleh Sujarwo Sujatmoko yang menyampaikan bahwa SIRAPS ULIN ini bertujuan untuk memberikan layanan konsultasi, bimbingan teknis, dan pendampingan penerapan standar instrumen lingkungan hidup dan kehutanan bagi calon penerap standar. Penerap standar dapat berasal dari instansi pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat umum secara luring maupun daring dengan memanfaatkan layanan sistem informasi BPSILHK Banjarbaru. Pelaksanaan layanan ini berada dalam binaan Pusfaster serta dukungan SDM Tenaga Fungsional dari 13 BPSILHK dan 2 (dua) Balai Besar Pengujian SILHK. Selanjutnya, Yeri Permata Sari memberikan tanggapan dan masukan terkait SIRAPS ULIN bahwa layanan ini sangat baik karena kegiatan fasilitasi sangat penting bagi pelaku usaha dan masyarakat umum agar lebih aware terhadap produk standar yang dimiliki oleh KLHK sehingga akan mendorong percepatan penerapan standar. Koleksi standar yang sudah dimiliki KLHK saat ini mencapai lebih dari 500 standar. Layanan ini menjadikan BPSILHK Banjarbaru sebagai salah satu agen perantara yang memiliki fungsi fasilitasi dalam menyampaikan standar yang dimiliki KLHK kepada penerap terutama di wilayah Kalimantan.

Pada hari kedua, tanggal 21 November 2023, dilaksanakan Peresmian Layanan SIRAPS ULIN oleh BPSI Banjarbaru di Kantor BPSILHK Banjarbaru. Peresmian ini dihadiri oleh Sekretaris Badan Standardisasi Instrumen LHK (BSILHK), Kepala Pusfaster, Kepala BPSI Banjarbaru, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, dan perwakilan dari perusahaan. 

Acara peresmian ini diawali pembukaan oleh Sujarwo Sujatmoko yang memberikan pemaparan singkat mengenai layanan yang ada pada SIRAPS ULIN yaitu layanan konsultasi, bimbingan teknis, dan pendampingan penerapan standar. Layanan tersebut tersedia secara online melalui website BPSILHK Banjarbaru sehingga dapat diakses dimanapun. Kemudian, acara dilanjutkan dengan Sambutan oleh Nur Sumedi selaku Sekretaris BSILHK yang menyambut baik dan mengapresiasi layanan SIRAPS ULIN. Hal ini karena layanan ini dapat digunakan oleh semua pihak dan memudahkan penerap yang membutuhkan informasi, konsultasi, bimbingan teknis, dan pendampingan dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kehutanan.Acara dilanjutkan dengan penandatanganan piagam peresmian SIRAPS ULIN, kunjungan ke ruang pelayanan SIRAPS ULIN, dan pemaparan materi oleh Indiyah Hudiyani dan Tim BPSILHK Banjarbaru. Terdapat 3 (tiga) materi yang dipaparkan yaitu 1) Standar Pelayanan Masyarakat pada Pos-Pos Fasilitas Publik (SPM-FP); 2) SNI 7724:2011 Pengukuran dan penghitungan cadangan karbon – Pengukuran lapangan untuk penaksiran cadangan karbon hutan; dan 3) Penerapan Standar UKL-UPL Standar Spesifik Kegiatan SPBU Skala Kecil <20 KL (SPBU mini dan sejenisnya). Selain itu, tim Pusfaster juga melakukan koordinasi dengan tim BPSILHK Banjarbaru terkait pembangunan sistem informasi untuk mengukur outcome penerapan standar dan penguatan penerapan standar di IKN. Acara ditutup dengan penanaman pohon oleh Kepala Pusfaster dan Kepala BPSILHK Banjarbaru dan kunjungan ke Edupark Lebah Kelulut yang dikelola oleh BPSILHK Banjarbaru.

Categories:

Tags:

Comments are closed

PENERAPAN DAN PENILAIAN KESESUAIAN SPM-FP
Penerapan dan Penilaian Kesesuaian SPM-FP
SPMFP2-01
BATIK DARLINGKU
Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan
batikdarlingku